UPACARA PERINGATAN HARI JADI PEMPROV JATIM KE-77

upacarajatim77

Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang ke-77 akan diperingati pada 12 Oktober 2022. Peringatan hari jadi Provinsi Jatim tahun ini mengusung tema “Optimis Jatim Bangkit”.
Sejarah penetapan hari jadi Jatim berdasarkan pada Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1950, yang telah diubah dengan Undang–Undang Nomor 18 Tahun 1950 tentang Perubahan atas Undang–Undang Nomor 2 Tahun 1950 tentang Pembentukan Provinsi Jawa Timur.
Selanjutnya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, menetapkan tanggal 12 Oktober 1945 sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.
Provinsi Jawa Timur menjadi satu dari delapan provinsi yang dibentuk di awal kemerdekaan Indonesia. Gubernur Jawa Timur ditetapkan pada 12 Oktober 1945 yaitu R.M.T.A Soerjo.
Penetapan hari jadi Provinsi Jatim menjadi sarana untuk menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan di wilayah Provinsi Jawa Timur.
Selain itu, penetapan ini juga untuk kebanggaan daerah, mendorong semangat memiliki dan membangun daerah serta memperkuat rasa kecintaan, keterikatan batin rakyat, lembaga politik, sosial, keagamaan, budaya, keuangan dan perekonomian, ketatanegaraan dan pemerintahan.
Selanjutnya HUT Jatim juga menjadi sarana untuk menunjukkan jati diri Provinsi Jawa Timur yang memiliki keunggulan kualitatif, komparatif dan kompetitif yang dapat memacu pertumbuhan dan pengembangan pembangunan di wilayah tersebut.
Secara hukum, adanya petunjuk tentang pembentukan, tata cara pembentukan, kedudukan, wilayah pemerintahan, pusat pemerintahan, penyelenggara pemerintahan, urusan pemerintahan menjadi tanda dimulainya pemerintahan Provinsi Jawa Timur saat itu.
Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007, untuk memperingati HUT Jatim setiap tahunnya, Pemprov, Pemkab dan Pemkot wajib menyelenggarakan upacara bendera dan kegiatan peringatan lainnya.

SMK Negeri Gudo memperingati Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jatim ke-77 Tahun  2022 ini dengan mengadakan Upacara Bendera dengan Dewan Guru Sebagai Petugas Upacara dan sebanyak 943 Siswa sebagai peserta Upacara.

Bagikan ini :

Berita Terkait

INFO PPDB 2024