PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2022

upcarakesaktianpancasila2022

Hari kesaktian Pancasila adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tahun  tepatnya tanggal 01 Oktober. Tujuannya agar masyarakat dapat memahami sejarah bangsa Indonesia. Dan menyadari pentingnya peran pancasila sebagai ideologi utama negara, agar bangsa Indonesia mengingat kembali peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI) dan juga untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa tersebut. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan pada tanggal 01 Oktober 1966, di Lubang Buaya, Jakarta.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur. Nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila bisa dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa.Kita sebagai generasi penerus bangsa merupakan kewajiban untuk tetap mempertahankan Bangsa Indonesia. Jika kita bisa mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan bangsa Indonesia, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengikuti upacara bendera setiap 01 Oktober. Sebagai salah satu wujud,kita mencintai tanah air kita, bangsa kita. Dan mempertahankan dari ancaman perjajah.

Sesuai intruksi Dinas Pendidikan dan himbauan Kepala Sekolah seluruh siswa dan guru SMK Negeri Gudo pada tanggal 01 Oktober 2022 mengikuti upacara bendera di Lapangan SMK Negeri Gudo . Upacara diikuti pada pagi hari mulai pukl 08.00 WIB – Selesai. Upacara Bendera diikuti untuk memperingati hari lahirnya Pancasila sebagai ideologi utama negara Indonesia. Semoga bangsa Indonesia tetap  bersatu dan merdeka selamanya.  Demikianlah sekilas info tentang pelaksanaan upacara bendera di SMK Negeri Gudo.

Bagikan ini :

Berita Terkait

INFO PPDB 2024