GELAR KARYA  P5 DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI GUDO 2023

p52023

GELAR KARYA  P5 DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG BERTEMA KAN “MEMBANGUN KREATIVITAS DAN BERKARYA DALAM MERDEKA BELAJAR” TELAH DILAKSANAKAN DI SMK NEGERI GUDO

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis proyek di sekolah atau madrasah. Gelar Karya  P5 dan Hasil Belajar Siswa yang bertema kan “Membangun Kreativitas dan Berkarya dalam Merdeka Belajar” telah dilaksanakan di SMK NEGERI GUDO, pada tanggal 20 Desember 2023.

Gelar karya P5 merupakan penelitian atau proyek akhir yang dilakukan oleh siswa pada jenjang pendidikan tertentu. Gelar ini mencerminkan pemahaman mendalam siswa terhadap suatu topik atau disiplin ilmu. Hasil belajar siswa dalam gelar karya P5 mencakup pemecahan masalah, analisis data, dan kontribusi pengetahuan baru dalam bidang yang dipilih. Evaluasi karya tersebut dapat memberikan gambaran komprehensif tentang kemampuan akademis dan keterampilan riset siswa.

Kurikulum Merdeka memang disetting berbeda dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Salah satunya adalah aspek yang termuat di dalamnya, yaitu P5. P5 tidak sekadar meminta anak belajar dan membuat proyek. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan siswa siswi agar dapat mengembangkan kreativitas nya, dan bisa terus menghasilkan karya karya yang luar biasa,  serta untuk mengembangkan pemahaman siswa mengenai kemampuan atau materi yang telah diajarkan oleh Bapak/Ibu Guru.

Adapun beberapa manfaat lain dari gelar karya P5. Di antaranya adalah:

Perayaan hasil proyek siswa

Semua siswa baik secara individu atau kelompok pasti berusaha keras untuk menyelesaikan proyek P5. Tentu saja, proyek yang dibuat sesuai dengan tema P5 yang telah disepakati sebelumnya. Dalam hal ini, mereka menghabiskan tenaga, pikiran, dan waktu yang cukup banyak. Sehingga, sangat disayangkan apabila tidak ada bentuk penghargaan sama sekali.

Meningkatkan kepercayaan

Selain peserta didik, kepercayaa orangtua juga akan meningkat. Ini karena mereka melihat sendiri bagaimana putra-putrinya beraksi dalam ajang pameran karya. Apa yang ada dalam gelar karya adalah hasil belajar peserta didik. Hasil belajar tersebut menjadi bukti konkrit bahwa peserta didik sangat bersungguh-sungguh selama proses pembelajaran. Sehingga, orangtua menaruh kepercayaan lebih terhadap pihak sekolah.

Sebagai wadah promosi lembaga pendidikan

Alat promosi terbaik suatu lembaga pendidikan adalah peserta didik. Ini karena peserta didik merupakan produk sekolah. Ketika produk yang dihasilkan baik, maka orang lain akan percaya dan tertarik. Begitu juga dengan peserta didik, orang yang melihat akan percaya bahwa sekolah tersebut tidak main-main dalam mencetak generasi yang berkualitas.

Tempat belajar kewirausahaan

P5 tidak lepas dari kewirausahaan. Kenapa? Dalam program tersebut, siswa dituntut mengeluarkan kreativitas untuk menghasilkan inovasi. Secara tidak langsung, mereka belajar membaca peluang dan menciptakan sesuatu yang baru sesuai target.

Ajang promosi diri

Gelar karya menjadi kesempatan emas bagi peserta didik untuk mempromosikan diri sendiri. Mereka akan saling adu karya dan bakat yang tentunya menciptakan ketertarikan tersendiri bagi orang yang hadir. Tentu saja, apa yang telah dihasilkan akan mendapat apresiasi dari teman, guru, dan orangtua. Namun, ada juga yang lebih dari itu. Mereka berpeluang untuk menerima penghargaan langsung dari para pelaku usaha.(Hendra/Tim).

Bagikan ini :

Berita Terkait

INFO PPDB 2024